rifaabe

Bahasa Indonesia Riwayatmu Kini

bahasa IndonesiaMelihat apa yang terjadi dengan Bahasa Indonesia sekarang ini saya sangat prihatin, betapa tidak, bahasa yang telah memersatukan seluruh Indonesia ini makin hari makin merana, orang orang seakan akan malu memakai Bahasa Indonesia atau mungkin hanya sekadar alasan gengsi, mereka lebuh suka bahasa orang.

Anehnya lagi perilaku seperti ini justru dilakukan oleh orang-orang yang berpendidikan, walaupun tak semuanya, Orang orang "tingkat atas" dan orang yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Tengoklah dalam pemberian nama anak, nama perumahan, atau bahkan nama program pemerintah sekalipun.

Saya akan megambil sedikit dari sekian banyak contoh yang bisa kita jumpai, mungkin rekan-rekan bisa menemukan contoh lainnya.

  • ISL (Indonesia Super League)
  • Propert Test
  • 60 Minutes
  • Take me out
  • Living Square..

Coba, kalau disimak semua contoh tadi adalah hasil dari orang berpendidikan, kalau memang seperti ini terus mau jadi apa Bahasa Indonesia, bukankah lebih baik memakai Bahasa Indonesia dan sekaligus sebagai sebuah keunikan tersendiri, sekaligus sebagai pertanda bahwa ini adalah kepunyaan Indonesia. Contoh yang paling mudah adalah Bali dan Monas (monumen Nasional), sekilas setelah orang mendengar kata itu tentu dalam pikirannya akan langsung merespon dengan wisata terkenal di Indonesia dan Tugu di Jakarta, dan tidak akan tertuju ke yang lain kecuali kalau ia orang bodoh dan nggak tahu apa-apa, karena di lain dunia sekalipun nggak ada nana itu selain di Indonesia, dan itulah nilai keunikan sebuah nama.

Contoh lain kita akan ke luar negeri, kita telah akrab dan mengenal kata Premier League, Serie A, La Liga, Eredevisi, dan Bundesliga. semuanya adalah nama kompetisi sepak bola dan nama itu diambil dari bahasanya masing-masing, nama itu telah menunjukkan kita dimana lokasinya.

Terus Bagaimana dengan Indonesia?

Kalau saya nggak salah dulu pernah ada sebuah peraturan yang mewajibkan pemakaian nama Indonesia untuk semua nama gedung, nama jalan, dan nama yang lain, bagi yang sudah terlanjur menggunakan ama dari bahasa orang mereka akan diberi tenggang waktu 30 hari untuk merubah namanya dengan nama Indonesia, tapi semua itu ternyata yelah hilang ditelan waktu, entah mereka bener-bener nggak tahu atau nggak mau tahu saya nggak ngerti.

Terus bagaimana solusinya?

Langkah pertama tentunya dari pemerintah untuk memberlakukan lagi peraturan yang pernah diterbitkan menyangkut pemakaian Bahasa Indonesia ini, sekaligus adanya sanksi yang tegas dan jelas untuk pihak-pihak yang melanggar. Mungkin pertama akan banyak pro dan kontra karena orang-orang telah terlanjur mengenal dengan nama dari bahasa orang lain, tapi saya yakin akan lebih banyak pihak yang setuju dengan keputusan ini, karena ini menyangkut perkembangan Bahasa Nasional kita. Terus bagaimana pendapat rekan-rekan semuanya? setujukah dengan tulisan saya?

gambar diambil dari citrajourney

rifaabe

About rifaabe -

Anda telah membaca artikel berjudul Bahasa Indonesia Riwayatmu Kini
Terima kasih sudah mampir dan singgah di blog ini, silakan beri kritik saran yang membangun untuk kebaikan dan kemajuan blog ini.

Berlangganan Artikel Blog via Email :

91 blogger-facebook

Write blogger-facebook
RaRa Wulan
AUTHOR
5 Desember 2009 14.59 delete

setuju sekali dengan tulisan diatas..
knpa iah kuq pada suka pake bahasa orang lain apa bedanya dengan bahasa kita???
thanks :)

Reply
avatar
donking
AUTHOR
5 Desember 2009 18.42 delete

suatu keprihatinan yang sangat beralasan memang kewajiban kita bersama sebagai warga indonesia menjadikan bahasa indonesia menjadi tuan rumah di negri sendiri

Reply
avatar
donking
AUTHOR
5 Desember 2009 18.44 delete

setuju ayo jadikan bahasa indonesia jadi tuan rumah di negri sendiri

Reply
avatar
rifaabe
AUTHOR
6 Desember 2009 05.43 delete

@ rara
iya, kenapa sih?

@ donking
setuju...

Reply
avatar
IHSAN
AUTHOR
6 Desember 2009 16.31 delete

saya setuju Sob

oleh karena itu marilah kita mengembaliklan jati diri bangsa Indonesia

he he he kaya kontes SEO aja nih :D

Reply
avatar
personal blog
AUTHOR
9 Desember 2009 11.45 delete

Yang lebih parah bahasa daerah yang mau punah, karena orang tua lebih sering mengjarkan anaknya berbahasa indonesia dibanding bahasa daerah

Reply
avatar
Baju
AUTHOR
9 Desember 2009 15.58 delete

Di indonesia yg ke indonesia indonesiaan justru di bilang ngga keren.... bandingin sama jepang yg justru maunya semua jepang....

Reply
avatar
10 Desember 2009 04.51 delete

Gan anda suka juga bahasa Indonesia yaaa ??? Nggak papa koq, semua bahasa itu halal, tapi JANGAN sampai bhs SENDIRI itu malah punah kayak Dinosaurus!!! YAH minimal kita menguasai 2 bhs saja yaitu bhs ibu & bhs Internasional, karena orang bule di Australiapun juga belajar bhs Indonesia koq ! Yg penting jg sampai bhs ibu sendiri itu PUNAH, dan juga JANGAN bodoh dalam bhs. Internasional, sebab Perusaahan itu LEBIH SENANG orang yg pintar bhs Inggris, krn disitulah terletak inteligensi sso, jika dia itu sudah menguasai 2 bhs MINIMAL ! O.K Thanx.

Reply
avatar
camera
AUTHOR
10 Desember 2009 05.39 delete

kami putra-putri Indonesia, menjungjung tinggi bahasa persatuan, bahasa indonesia

28 oktober 1928

Reply
avatar
Bursa Rumah
AUTHOR
22 Desember 2009 11.13 delete

Setuju sama Donking! ngga begitu setuju sama personal blog, tergantung habitatnya sih, kalo tinggal di jakarta pasti banyak anak muda yang malu ngomong bahasa daerah asalnya. beda sama di bandung atau kota2 lainnya!

Reply
avatar
adit
AUTHOR
22 Desember 2009 12.42 delete

Hal ini mungkin karena kita merasa menjadi bangsa yang tertinggal sehingga malu untuk menggunakan bangsa sendiri karena itu mari kita majukan budaya kita

Reply
avatar
25 Desember 2009 18.50 delete

Hi, thanks for you article. Nice to see your blog. Keep Posting

Reply
avatar
27 Desember 2009 20.05 delete

bagaimanapun bahasa indonesia adalah bahasa kesatuan bangsa indonesia, lanjutkan gan

Reply
avatar
27 Desember 2009 20.12 delete

prihatin melihat perkembangan pergaulan sekarang ini

Reply
avatar
31 Desember 2009 00.50 delete

Good post and really very good affiliate in this post.

Reply
avatar
25 Januari 2010 23.58 delete

It’s very good post! Congratulations! I really enjoyed to reading your blog. Thanks for share all this information. I’m looking forward your next post

Reply
avatar
ICT Learning
AUTHOR
30 Januari 2010 10.04 delete

Hiduplah Indonesia Raya

Reply
avatar
harga mobil
AUTHOR
3 Februari 2010 08.41 delete

ya sy sgt setuju.., sbg bangsa indonesia hrs mencintai bahasa sendiri.. namun, mungkin org2 yg berbicara dgn bhs asing, sebenarnya diniatkan untuk memperlancar bhs internasional spy tdk klh bersaing & lbh memiliki wawasan luas krn menguasai bhs lain.. sy jg pernah dgr pepatah: "siapa yg menguasai bahasa, maka menguasai dunia"..

Reply
avatar
Program kasir
AUTHOR
4 Februari 2010 15.33 delete

kritik yang bagus, agar pembaca dan yang dituju mengerti betapa kita harus membanggakan bangsa dan bahasa kita ...

Reply
avatar
9 Februari 2010 00.19 delete

Magazine Template that much loved by the bloggers to make a tutorial articles, current news, and can be used to create a column of ads paid or not paid in order to increase the page rank

Reply
avatar
13 Februari 2010 15.07 delete

Pokokmen Save our heritage...
Pokokmen Hiduplah indonesia raya....

Reply
avatar
rumah serpong
AUTHOR
24 Februari 2010 10.17 delete

Jaman sekarang malah media yg sering merusak bahasa...terlalu banyak "Nginggris"

Reply
avatar
sinjay school
AUTHOR
4 Maret 2010 01.21 delete

cintailah produk dalam negri, berbanggalah seharusnya Kita warga Negara Indonesia memiliki satu bahasa, mengapa kita memakai bahasa yg tdk baku bahkan bahasa orang lain?

Reply
avatar
sinjay school
AUTHOR
4 Maret 2010 01.31 delete

seharusnya kita bangga memiliki bahasa Nasional

Reply
avatar
human events
AUTHOR
4 Maret 2010 16.51 delete

I am a coffee traders who want to market the coffee to many countries. Is there a way to market in small quantities or retail to many countries ?

Reply
avatar
5 Maret 2010 04.38 delete

Exclusive Encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, handseal, jinchuriki, bijuu, akatsuki, hidden village, clan, and other shinobi skills

Reply
avatar
27 Maret 2010 11.08 delete

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Reply
avatar
27 Maret 2010 11.10 delete

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Reply
avatar
laptop repair
AUTHOR
31 Maret 2010 02.03 delete

This is a great blog post. . It's really nice and
informative post. Thanks so much.

Reply
avatar
19 April 2010 11.31 delete

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Reply
avatar
19 April 2010 11.31 delete

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Reply
avatar
19 April 2010 11.31 delete

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Reply
avatar
19 April 2010 11.32 delete

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Reply
avatar
19 April 2010 11.32 delete

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Reply
avatar
5 Mei 2010 17.06 delete

seharusnya sekali kita mesti bangga punya bangsa nasionalisme dah,,,,

Reply
avatar
14 Mei 2010 12.47 delete

harus kita satukan bahasa indonesia ya...jangan biarkan negri lain jadi tuan rumah dinegara kita,,

Reply
avatar
7 Juli 2010 11.07 delete

kami putra-putri Indonesia, menjungjung tinggi bahasa persatuan, bahasa indonesia .......

Reply
avatar
27 September 2010 12.10 delete

Really i am impressed from this post....the person who create this post he is a great human..thanks for shared this with us.i found this informative and interesting blog so i think so its very useful and knowledge able.I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article

Reply
avatar
29 September 2010 17.08 delete

Good post and really very good affiliate in this post.

Reply
avatar
11 April 2011 10.35 delete

bahan renungan yang menarik,, artikel yang luar biasa....... Tanks dah mau berbagi...

Reply
avatar
Nikmaya John
AUTHOR
24 April 2011 16.20 delete

Postingan bagus nih, sangat bermanfaat,,,

Reply
avatar
Ayesha
AUTHOR
30 Mei 2011 11.27 delete

I am extremely impressed thanks for sharing all information. It is a great post for the people to get the proper information. Austin TX Real Estate Agents

Reply
avatar
vikas
AUTHOR
3 Juni 2011 13.38 delete

Buy Botox -One can easily buy Botox online at rock bottom prices by simply completing necessary formalities at our website. Let’s throw a light on some important facts related to this medication

Reply
avatar
xamthone-plus
AUTHOR
23 Juni 2011 08.21 delete

makin prihatin aja sama nasib bangsa kita.. dan bukan cuma bahasa aja, orang2 indonesia lebih bangga sama produk luar.. maka dari itu, kita sebagai anak bangsa harus jadi contoh yang baik, dan terus cintai produk indonesia.
semangat indonesiaku !!

Reply
avatar
24 Juni 2011 08.02 delete

wah betul banget tu... untung saja saya tx bisa b. orang,, jadi bagi saya aman2 saja,,hehehe.....
BERBAHASA SATU BAHASA INDONESIA

Reply
avatar
2 Juli 2011 14.20 delete

Thanks for posting this. i really had good time reading this.

Reply
avatar
2 Juli 2011 14.22 delete

Thanks for posting this. i really enjoyed reading this.

Reply
avatar
2 Juli 2011 14.24 delete

This site is cool. i visit here everyday.

Reply
avatar
2 Juli 2011 14.26 delete

The knowledge you provide is a real asset we have. Keep on posting such valuable articles. I like your blog design as well.

Reply
avatar
2 Juli 2011 14.28 delete

Hey check out my blog too. I hope i have some interesting stuff too

Reply
avatar
2 Juli 2011 14.31 delete

Thanks for posting this. i really enjoyed reading this.

Reply
avatar
2 Juli 2011 14.34 delete

This site is great. i visit here evaryday.

Reply
avatar
2 Juli 2011 14.37 delete

Really great post, helped me out a lot

Reply
avatar
gamat luxor
AUTHOR
17 Februari 2012 09.08 delete

apakah mungkin jug bisa menimbulkan perpecahan,,,

Reply
avatar
25 Februari 2012 17.17 delete

Thanks for posting this. i really had good time reading this.

Reply
avatar
25 Februari 2012 17.23 delete

Very entertaining subject, I will bookmark your website to check out if you publish more in the future.Thanks

Reply
avatar
25 Februari 2012 17.30 delete

Thanks for posting this. i really had good time reading this.

Reply
avatar
25 Februari 2012 17.34 delete

This site is cool. i visit here everyday.

Reply
avatar
18 Mei 2012 09.39 delete

saya setuju sekali gan...
supaya bahasa indonesia bisa lebih di kenal lagi.

Reply
avatar
ruicao c2joy
AUTHOR
18 Mei 2012 10.01 delete

padahal akan lebih bangga kalo pake nama bahasa indonesia.

Reply
avatar
18 Mei 2012 10.12 delete

kalo di kasih sanksi pasti tidak akan ada lagi nama perusahaan atau nama jalan yang menggunakan bahasa asing.

Reply
avatar
18 Mei 2012 10.30 delete

semoga orang-orang cerdas tersebut sadar akan hal ini.

Reply
avatar
23 Februari 2013 10.07 delete

sukses terus buat postingan selanjutnya :)

Reply
avatar
20 Maret 2013 09.26 delete

bener juga gan, padahal bahasa indonesia adalah bahasa yang mudah di gunakan

Reply
avatar
3 Juni 2013 15.49 delete

nice-info,gan
aku-jadi-paham-sekrang

Reply
avatar
syabany
AUTHOR
25 Juli 2013 10.33 delete

makasih atas infonya, sangat bermnafaat...

Reply
avatar
26 Juli 2013 07.29 delete

sangat bermanfaat infonya, makasih....

Reply
avatar
30 Juli 2013 07.44 delete

makasih infonya sangat bermanfaat

Reply
avatar
desi
AUTHOR
1 Agustus 2013 14.12 delete

Luar biasa sekali saya berkunjung ke blog ini semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan... Terimakasih banyak atas informasinya... sangat bermanfaat
Semoga suksesnya

Reply
avatar
robi
AUTHOR
3 Agustus 2013 13.59 delete

Informasinya menarik sekali makasihnya atas informasinya
semoga suksesnya....

Reply
avatar
15 Agustus 2013 07.43 delete

informasi yang sangat bermanfaat, makasih...

Reply
avatar
bimbel tryout
AUTHOR
15 Januari 2014 17.26 delete

Artikelnya bagus gan,


terima kasih

Reply
avatar
4 Februari 2014 10.42 delete

memang kewajiban kita bersama sebagai warga indonesia menjadikan bahasa indonesia menjadi tuan rumah di negri sendiri

Reply
avatar
Kesehatan
AUTHOR
5 April 2014 09.10 delete

bagus banget postinya gan

Reply
avatar
30 Mei 2014 10.42 delete

nice post! salam kenal :)

Reply
avatar
18 September 2014 07.21 delete

yang parah sekarang mah banyak bahasa gaul yang aly bertebangan jadi sulit dimengerti hehe

Reply
avatar
Poker99
AUTHOR
4 November 2015 15.53 delete

Nice info. Thanks for sharing.

MGMPoker99 merupakan Agen Poker Terpercaya di Indonesia yang telah berpengalaman dalam menghadirkan Poker Online yang berkualitas.

MGMPoker99 memberikan berbagai bonus menarik seperti Bonus Referral, Poker Jackpot Jutaan Rupiah dan masih banyak lagi bonus menarik lainnya.

MGMPoker99 menjamin permainan yang Poker tanpa botFair 100% Player vs Player!
Buktikan kemampuanmu dan jadilah Raja Poker dari ribuan pemain yang ada di MGMPoker99!

Reply
avatar