rifaabe

Gonta ganti template, apa yang harus di lakukan

Saat kita blogwalking keluyuran kesana kemari, kadang kita pernah menjumpai blog yang mungkin desain templatenya bagus, dan mungkin kita juga kepengen pake template tersebut, kenapa saya katakan "desain templatenya mungkin bagus" kok tidak langsung saja "desain templatenya bagus", karena kan bisa jadi menurut kita bagus, tapi menurut orang lain belum tentu bagus kan, but its ok, itu hak kita kok.

Bagi yang ingin ganti template blog ada langkah langkah yang harus dilakukan untuk mengindari jika template yang baru tidak bekerja maksimal, ini sesuai dengan pengalaman saya saat mengganti template, ternyata template yang baru pada kotak komentar tidak bisa bekerja dengan baik, walaupun kita sudah membackup template tetap saja kerepotan saat mengembalikan template seperti semula. Supaya teman-teman tidak mengalaminya, maka ikuti tips berikut saat akan mengganti template :



1. Membackup template sebelum menginstal tempat yang baru

Ini hal yang paling penting, karena jika ada yang error di template yang kita masih punya salinan template yang lama.

2. Membackup semua kode di sidebar

Caranya adalah pada menu elemen halaman klik satu per satu tulisan edit pada tiap sidebar, copy dan pastekan pada text editor seperti notepad, wordpad, atau yang lainnya. Langkah ini juga sangat penting, karena saat kita membackup template, kode sidebar ini tidak ikut terbackup, kecuali jika kita hanya ingin menambah atau mengurangi elemen halaman dari template yang sama, kode sidebar ini tidak perlu di backup. Jangan lupa juga kode di footer juga perlu di backup.

3. Pasang kembali elemen di dalam header.

Langkah ini perlu dilakukan sebelum template baru diinstal, dan ini bisa kita lakukan secara offline. Elemen ini meliputi meta tag ( keyword dan description ) serta meta verifikasi gogle webmaster tool, supaya lebih jelas bukalah backup template lama, salinlah semua meta tag yang terdapat di header pastikan semua meta tag sudah di salin ke template baru.

4. Tambahkan elemen tambahan di template baru

Langkah ini juga bisa kita lakukan secara offline. Elemen ini seperti "read more/baca selengkapnya", platform dofollow jika blog kita menganut paham dofollow, serta elemen di bawah posting ( artikel terkait, social bookmark button ).

Setelah semuanya telah dilakukan, templat baru siap diinstal di blog, dan jika ternyata ada yang error kita masih punya salinan template termasuk sidebar yang lama.

Selamat mencoba.

Oia saya ucapkan selamat kepada pemenang kontes seo "Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009" dari Mr. Pogung, kapan nih makan makannya.

rifaabe

About rifaabe -

Anda telah membaca artikel berjudul Gonta ganti template, apa yang harus di lakukan
Terima kasih sudah mampir dan singgah di blog ini, silakan beri kritik saran yang membangun untuk kebaikan dan kemajuan blog ini.

Berlangganan Artikel Blog via Email :

15 blogger-facebook

Write blogger-facebook
aa' mil
AUTHOR
6 Mei 2009 14.59 delete

PEEERRRTAAAAMAAA nih....

Trims infonya, awal ngeblog q sering juga ganti template, karena lupa dibackup, jadinya pernah hilang hasil kreativitasnya he..he...

Daftarnya GRATIS langsung dapet Cash Money Rp 100.000,- DISINI

Reply
avatar
aa' mil
AUTHOR
6 Mei 2009 15.07 delete

Salam kenal ya friends, silahkan kunjungi blog ini. ada award untuk anda DisiniDaftarnya GRATIS langsung dapet Cash Money Rp 100.000,- DISINI

Reply
avatar
18 Mei 2009 23.07 delete

Mas, ada saran gak..
saya mau cari template yg SEO friendly.

Reply
avatar
Tips Travian
AUTHOR
21 Juni 2009 02.27 delete

iya nich mas tolong infonya soal template yg Ramah SEO, soalnya saya lagi nyari2 template yg kayak gtu..

thx..

Reply
avatar
Blackbird
AUTHOR
11 September 2009 17.40 delete

Backup template.. wajib tuh, kalo ada apa-apa bisa di upload ulang dibanding harus rebuild blog dari nol.. tapisayangnya masih banyak yang suka ngelupain hal sepele seperti ini

Reply
avatar
fauzan
AUTHOR
10 November 2009 20.28 delete

Saking seringnya berselancar pingin juga rasanya ganti template

Reply
avatar
enjoy7
AUTHOR
26 Mei 2011 09.45 delete

setahu ane kalau gonta ganti template baru maka widget yang kita pasang akan hilang kalau kagak di back up

Reply
avatar
21 Juni 2011 13.39 delete

yapz,, sama saya juga suka gonta ganti template,,, ga tau kenapa suka bingung sendiri tuh sama template...

Reply
avatar
21 Juni 2011 13.43 delete

sipp info yang sangat bermanfaat nich,,,,
thanks ya...!!!

Reply
avatar
kiki
AUTHOR
3 Agustus 2013 14.14 delete

Informasinya menarik sekali makasihnya atas informasinya
semoga suksesnya....

Reply
avatar
Filter Air
AUTHOR
24 Oktober 2014 15.21 delete

wah makasih infonya gan!
kebetulan udah ada template tapi masih suka labil mau ganti.
hehehee

Reply
avatar
Poker99
AUTHOR
5 November 2015 22.13 delete

Nice info. Thanks for sharing.

MGMPoker99 merupakan Agen Poker Terpercaya di Indonesia yang telah berpengalaman dalam menghadirkan Poker Online yang berkualitas.

MGMPoker99 memberikan berbagai bonus menarik seperti Bonus Referral, Poker Jackpot Jutaan Rupiah dan masih banyak lagi bonus menarik lainnya.

MGMPoker99 menjamin permainan yang Poker tanpa botFair 100% Player vs Player!
Buktikan kemampuanmu dan jadilah Raja Poker dari ribuan pemain yang ada di MGMPoker99!

Reply
avatar