rifaabe

Tips dan trik membeli hp second

Kita pasti ingin memiliki hp (handphone) dengan fitur - fitur yang canggih, sebut saja kamera dengan resolusi tinggi, pemutar multi media bahkan fitur yang sedang menjadi primadona seperti navigator (petunjuk arah).

Dan sudah menjadi rahasia umum jika hp yang memiliki fitur canggih dan mutakhir tersebut memiliki harga yang tidak murah, bahkan di kuar jangkauan kita. Tingginya harga bagi orang - orang berkantong tebal yang telah berlimpah harta mungkin tidak menjadi masalah, mereka tetap bisa mendapatkannya dengan mudah. Berbeda dengan kita yang terkadang buat makan saja pas- pasan, tentu akan berpikir seribu kali untuk membeli hp canggih tersebut. Kita lebih memilih membeli hp bekas / second, daripada membeli hp baru yang harganya selangit tersebut, disamping harganya yang lebih miring, fiturnya juga tak kalah dengan hp baru.

Yang harus diingat

adalah kondisi hp second yang kadang tidak sebagus seperti pada waktu masih baru, oleh karena itu kita harus memeriksa kondisi dari hp second yang akan kita beli.




Tips dan trik berikut akan sangat membantu jika kita ingin membeli hp second, tips dan trik ini berdasarkan pengalaman saya pada saat membeli hp second.

1. Periksa nomor seri (IMEI).

Pastikan nomor seri yang ada di hp sama dengan yang ada di box bawaan hp, jika tidak sama sebaiknya batalkan saja, sebab ketika kita sudah bosan dan ingin menjualnya kembali, maka bisa dipastikan harga jualnya akan turun drastis.

2. Cek segel bawaan dari produsen.

Ada kalanya antara bagian luar dan bagian dalam (komponen) dari hp second sudah tidak asli seperti pada kondisi baru, seperti salah satu atau beberapa komponen yang sudah di ganti, segel asli biasanya ditempel pada bagian yang rawan dalam pembongkaran hp, misalnya pada baut. Hp yang komponennya masih asli biasanya segelnya masih bagus dan belum rusak.

3. Kode pengaman (security code).

Periksa dan pastikan bahwa security code belum dirubah ( dalam keadaan default security code biasanya 12345 ). Kode ini sangat penting untuk melindungi hp dari hal - hal yang tidak kita inginkan, seperti penggantian kartu SIM oleh yang bukan pemilik, maka harus memasukkan kode ini, juga apabila kita ingin mengembalikan semua setingan hp seperti keadaan pada waktu baru, maka kode ini juga harus dimasukkan.

4. Cek semua fitur

Untuk menghindari perasaan kecewa di kemudian hari, sebaiknya periksalah semua fitur dari hp, mulai kamera, radio, koneksi, dan fitur - fitur lain, pastikan semuanya dapat berjalan dengan baik.

5. Mintalah garansi.

Mintalah garansi dari penjual, dalam hal ini biasanya disebut garansi graha, karena biasanya garansi resmi dari hp second sudah tidak berlaku. Tanyakan sejelas - jelasnya mengenai garansi ini, karena berdasarkan pengalaman saya si penjual keberatan dengan claim garansi yang diajukan, dengan alasan bermacam-ma,cam, seperti pengalaman saya beberapa hari yang lalu waktu mengajukan claim garansi, ternyata ditolak sama konter tempat saya membeli hp.

6. Keypad (tombol)

Keypad merupakan bagian penting dari hp, maka jangan sampai terlewatkan untuk memeriksa keypad satu per satu.

Itulah tips dan trik yang dapat kita gunakan sebagai acuan jika kita ingin membeli hp second, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

rifaabe

About rifaabe -

Anda telah membaca artikel berjudul Tips dan trik membeli hp second
Terima kasih sudah mampir dan singgah di blog ini, silakan beri kritik saran yang membangun untuk kebaikan dan kemajuan blog ini.

Berlangganan Artikel Blog via Email :